Balai Diklat Keagamaan Bandung
Balai Diklat Keagamaan Bandung
SEJARAH SINGKAT PERPUSTAKAAN
Perpustakaan Balai Diklat Keagamaan Bandung berdiri tahun 1981. Keberadaan nya di perkuat dengan ada nya landasan hukum berdiri nya perpustakaan, yakni Undang-Undang No.43 Tahun 2007. Saat ini kepala perpustakaan di jabat oleh Husni Hamim, M.Ag.
VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN
1. Visi
Menjadikan perpustakaan BDK bandung yang unggul dalam menyediakan pemenuhan kebutuhan kediklatan dan penelitian.
2. Misi
* Mengorganisasikan dan menyediakan akses terhadap sumber-sumber informasi dan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
* Mempromosikan perpustakaan sebagai unit utama dalam menunjang kegiatan Diklat dan riset.
* Mempromosikan nilai dan manfaat dari kegiatan membaca dalam rangka memperkaya cakrawala
pemakai perpustakaan, untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. (lifelone learner)
* Menyediakan layanan bermutu bagi para pemakai perpustakaan.
TUGAS POKOK DAN FUNGSI
1. Tugas Pokok
Melaksanakan program kegiatan di bidang perpustakaan dan sebagai sumber informasi untuk
membuat para pembuat karya tulis di balai diklat.
2. Fungsi
1. Sebagai pusat pengumpul informasi.
2. Sebagai pusat pengolah informasi.
3. Sebagai pusat penyaji informasi.
4. Sebagai pelestari informasi, dan
5. Sebagai pusat penyebarluasan informasi.
SUMBER DAYA MANUSIA PERPUSTAKAAN
KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Tercetak
SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN
ENEMPATAN KOLEKSI DI RAK
Penempatan koleksi buku di rak, merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan suatu perpustakan yang memiliki koleksi dalam jumlah banyak. Koleksi buku yang memiliki subyek berbeda-beda harus di tata sedemikian rupa agar mudah di akses. Koleksi di rak di susun berdasar subyek (DDC atau klasifikasi Islam) atau klas berabjad, misal nya : buku tentang filsafat akan di kumpulkan pada kelas 100 dan buku yang membahas Al-Quran dan ilmu yang berkaitan akan di kumpulkan pada kelas 2X1. Selanjut nya koleksi ini di susun berdasarkan abjad pengarang, lalu abjad judul. Berikut contoh susunan buku di rak.
SISTEM PENELUSURAN INFORMASI
JENIS LAYANAN
1. Layanan Sirkulasi
2. Layanan Referensi
3. Pelayanan Multimedia
4. Layanan Buku Tandon ( book on reserved)
FASILITAS
1. Scanning
2. Akses Internet 1.5 - 2 Mbps
3. Televisi
WAKTU PELAYANAN
JENIS LAYANAN
1. Layanan Sirkulasi
2. Layanan Referensi
3. Pelayanan Multimedia
4. Layanan Buku Tandon ( book on reserved)
FASILITAS
1. Scanning
2. Akses Internet 1.5 - 2 Mbps
3. Televisi
WAKTU PELAYANAN