Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Mencermati Fenomena Aktual Yang Belum Terungkap

Mencermati Fenomena Aktual Yang Belum Terungkap

Selasa, 6 Oktober 2015
Kategori : Berita
179 kali dibaca

Jakarta (6 Oktober 2015). Bertempat di Wisma Maluku, Jl. Kebon Kacang Raya No.  20, Jakarta, 6 Oktober 2015, Puslitbang Kehidupan Keagamaan menyelenggarakan seminar hasil penelitian "Relasi Antarumat Beragama di Barbagai Daerah".                          

Seminar ini dihadiri Kepala Badan Litbang dan Diklat, perwakilan Majelis-majelis Agama, Direktorat Jenderal Bimas Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, perwakilan ormas keagamaan, akademisi, dan para peneliti di lingkungan Badan Litbang dan Diklat.                                                     

Seminar dibuka oleh Kepala Badan Ltbang dan Diklat, Prof. H. Abd. Rahman Masud, Ph.D. Dalam sambutannya, Abd. Rahman Masud menyatakan bahwa hasil penelitian ini sangat penting karena mengungkap relasi antarumat beragama di Jombang Jawa Timur, Yogyakarta, Ende Nusa Tenggara Timur, Tapanuli Sumatera Utara, dan lain-lain. Gambaran beberapa wilayah tersebut menujukkan bentuk relasi yang berbeda-beda. Selanjutnya, Abd. Rahman Masud menegaskan  bahwa hasil penelitian ini juga dapat ditindaklanjuti untuk perumusan kebijakan.                                                            Di Diakhir sambutannya, Abd. Rahman Masud mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini pasti ada kekuranganny. Oleh karena itu, dalam seminar ini hasil penelitian tersebut harus dicermati secara saksama, termasuk mencermati fenomena-fenomena aktual yang belum terungkap dalam penelitian tersebut; apakah mendistorsi local wisdom yang ada di berbagai daerah sasaran penelitian.

Bertindak sebagai narasumber utama Prof. Dr. H.M. Bambang Pranowo, M:A., Prof. I Ketut Witnya, M.A., M.Phil., P.hD., Dr. Alfa Amir Rahman, dan H. Muharram Marzuki, Ph.D.

Bas/ags


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP