Sejarah Singkat

Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama berdiri pada tahun 2001. Keberadaan nya di bentuk berdasarkan keputusan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2001 tentang kedudukan, tugas, fungsi, kewenangan, susunan organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama. Pada pasal 661 menyebutkan, bahwa bagian perpustakaan mempunyai tugas melakukan pengumpulan, pemilahan, penataan, pemeliharaan bahan pustaka, publikasi dan pelayanan perpustakaan.

Semenjak di keluarkan nya KMA Nomor 1 Tahun 2001 tentang kedudukan, tugas, fungsi, kewenangan, susunan organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama, khusus nya pasal 661 tentang Tugas Perpustakaan, lambat laun perpustakaan Badan Litbang dan Diklat mulai di tata dan di perbaiki. Keberadaan Perpustakaan mulai di kembangkan sebagai penyedia dokumentasi dan informasi yang lengkap dan memadai serta di lengkapi Sistem Penelusuran yang cepat dan tepat.

Kondisi Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, baik sebelum maupun sesudah di keluarkannya SK Menteri Agama Nomor 1 tahun 2001, belum sepenuhnya tertata secara teratur dan benar menurut aturan yang berlaku, baik keberadaan bahan pustaka maupun sarana dan pra sarana nya. Keberadaan perpustakaan mulai mengalami perubahan signifikan sejak keluar nya PMA Nomor 10 tahun 2010, khusus nya pasal 703, 704 poin d tentang tugas dan fungsi Perpustakaan. Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat yang semula berada di gedung Bayt Al-Qur'an TMII dengan segala keterbatasan sarana dan pra sarana nya, akhir nya pindah ke gedung baru di Jl.M.H.Thamrin No.6 Jakarta Pusat.

Seiring berjalan nya waktu, evaluasi dan perbaikan di berbagai aspek nya di lakukkan terhadap kondisi perpustakaan. Jumlah koleksi yang terus bertambah, ruang baca yang nyaman, ruang rapat, ruang pengolahan, serta full internet service tersedia di dalam nya. Semua itu di lakukan demi memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna perpustakaan.

Perbaikan dan penyempurnaan Perpustakaan di Lingkungan Badan Litbang dan Diklat terus menerus di lakukan. Berbagai program di selenggarakan guna mendukung tercipta nya perpustakaan unggul yang dapat memenuhi harapan para pengguna nya. Di samping program otomatisasi dan digitalisasi yang menjadi program unggulan, salah satu program yang selalu di selenggarakan adalah orientasi bagi para pengelola perpustakaan di Lingkungan Badan Litbang dan Diklat. Di forum ini para peserta dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola perpustakaan di unit nya masing-masing. Meskipun telah berganti pimpinan, program ini terus berjalan, karena para pengelola benar-benar merasakan manfaat kegiatan ini. Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman inilah para pengelola perpustakaan di masing-masing unit dapat meningkatkan kualitas pelayanan nya.

Berikut ini beberapa nama yang pernah menjadi Kepala Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat :
1. Drs.H.Zainudin
2. Drs.H.Darsono
3. H.Fanani Supriyanto,MM
4. Hj.Astuti Nilawati, SPd

11. Kontak

Gd. Kementerian Agama Thamrin Lt. 2
Jl. M.H. Thamrin No.6 Jakarta Pusat 13410
Telepon/Fax: (021) 3920 380

E-mail: perpustakaan.kemenag@gmail.com