BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA UPT


BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA UPT

Di era Tehnologi dan Informasi yang semakin maju, dimana perkerjaan dilakukan secara elektronik dengan menggunakan jaringan komputer. Hal ini berdampak pada proses layanan koleksi perpustakaan, dimana sekarang ini proses layanan koleksi perpustakaan menggunakan aplikasi perpustakaan yang dikenal dengan sistem otomasi perpustakaan, dengan jenis dan macamnya berbeda-beda.

Jenis otomatisasi Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama adalah menggunakan OPAC (Online Public Acces Catalog) dengan sistem MySipisisPro. Sistem ini sudah disosialisasikan dan digunakan oleh beberapa perpustakaan Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama, sedangkan beberapa Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama lainnya masih ada yang belum menggunakan dan ada pula yang menggunakan aplikasi jenis lain.

Sehubungan data koleksi perpustakaan akan disentralisasikan melalui katalog induk di satu server perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, maka dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan Bahan Pustaka kepada Pengelola Perpustakaan Pusdiklat Tenaga Teknis Administrasi, Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan, Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an, Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama seluruh Indonesia. Pelaksanaan kegiatan Bimtek tersebut dimulai pada akhir Mei sampai dengan pertengahan Juni 2015.

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan Bahan Pustaka UPT  bertujuan agar SDM Pengelola Perpustakaan di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Aama memiliki ketrampilan, kemampuan dan keseragaman dalam pengelolaan OPAC (online public acces catalog) dan pengembangan perpustakaan.

Materi Bimbingan Teknis (Bimtek) terdiri dari pengembangan dan pemantapan program MySipisisPro, memperkenalkan filtur-filtur, membimbing dan mengarahkan teknis pengoperasian, penginputan dan layanan perpustakaan dengan program MySipisisPro.

Narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) berasal dari Tenaga Ahli/Praktisi IPB yang mengembangkan program MySipisisPro, didampingi oleh pejabat/pegawai Bagian Umum dan Perpustakaan Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Diharapkan pembuatan katalog induk dapat terlaksana, dengan satu program aplikasi yang sama antara Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dengan UPT Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama yaitu aplikasi MySipisisPro